Berita | SMPIT Nurul Fikri
Headline News
bulbas-smp-350x350

SMPIT Nurul Fikri Gelar Puncak Bulan Bahasa

By | Berita Umum | No Comments

DEPOK – Hari ini, Kamis (18/10) SMP Islam Terpadu (SMPIT) Nurul Fikri menggelar Puncak Bulan Bahasa 2018 dengan tema Menyiapkan Generasi SMART dalam Berbahasa dan Berbudaya yang bertempat di lapangan olahraga sekolah.

Dalam acara tersebut menghadirkan narasumber Handri Satria penulis buku komik Muhammad Al-Fatih dilanjutkan dengan workshop vlogger yang diisi oleh M Azel dan diakhiri dengan nonton bareng (nobar) film edukatif. Acara dibuka dengan sambutan dari Direktur SIT Nurul Fikri, Rahmat S Syehani dan Kepala Sekolah SMPIT Nurul Fikri, Ahmad Sukarya, turut hadir pula para guru, karyawan dan orang tua siswa.

Kegiatan yang sudah berlangsung sejak 8-18 Oktober 2018 bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta para siswa terhadap Bahasa Indonesia ini diisi dengan berbagai perlombaan seperti membaca dan menulis puisi, menulis cerpen, membuat komik, mendesain poster, dan reading battle melalui NFRS (Nurul Fikri Reading System).

“Harapannya ialah membuat para siswa kami mampu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, karena di era digital ini yang serba mudah dimana kadang-kadang anak-anak menggunakan bahasa itu tidak pas konteksnya, tidak pas tata bahasanya sehingga mungkin kalau ini tidak diperbaiki amburadullah bahasa Indonesia,” tutur Ahmad Sukarya, Kepala Sekolah SMPIT Nurul Fikri, Kamis (18/10).

Terlebih lagi, lanjut Sukarya, terlihat dari keseharian berkomunikasi melalui aplikasi pesan seperti whatsapp dimana percakapan banyak ditemui menggunakan bahasa yang disingkat-singkat. “Itu berpengaruh pada aktivitas keseharian mereka dalam berbahasa dan kosakata juga tidak menambah. Sehingga di bulan bahasa ini dengan adanya aktivitas membaca, puisi, dan lain-lain berharap pembendaharaan kata mereka menjadi lebih baik,” terang Sukarya.

english-vest-1-350x350

Lewat Kompetisi English Vest, Latih Kemahiran Bahasa Inggris

By | Berita Umum | No Comments

TUGU – Bahasa Inggris telah menjadi bahasa global, penghubung, bahasa dari ilmu modern, informasi serta ilmu ruang angkasa. Untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, SMP Islam Terpadu (SMPIT) Nurul Fikri menggelar English Vest yang akan dilaksanakan pada 29 Oktober – 1 November 2018.

“English Vest adalah kompetisi bahasa Inggris, disini ada tujuh jenis perlombaan, seperti scrabble, baca puisi dengan bahasa Inggris, story telling, speech, news reading, dan picture talk,” kata Fitria Azifah Dewi, guru bahasa Inggris SMPIT Nurul Fikri.

Azifah menjelaskan, kalau kompetisi yang hanya ditujukan untuk kelas VII ini bertujuan untuk mewadahi kemampuan bahasa Inggris siswanya yang memang sudah terlihat bagus. “Mencari bakat-bakat mereka, apalagi english kelas VII ini menurut saya sangat bagus-bagus. Insya Allah kedepannya mereka akan dibina lebih baik lagi untuk ikut perlombaan di luar,” tutur Azifah.

Antusias para siswa ini sudah terlihat saat pendaftaran lomba dibuka minggu lalu. “Paling banyak diminati ialah scrabble, untuk saat ini jumlah peserta sudah lebih dari 20 orang. Saya akan batasi, minimal satu kelas satu perwakilan,” tandasnya.

timo-2018-350x350

Kontingen SMPIT Nurul Fikri Ikut Seleksi TIMO 2019

By | Berita Umum | No Comments

TUGU – Tim olimpiade matematika dari SMP Islam Terpadu (SMPIT) Nurul Fikri, Sabtu (13/10) mengikuti seleksi Thailand International Mathematic Olympiad (TIMO) 2019 tahap heatron untuk tingkat junior bertempat di gedung SMPIT Nurul Fikri, Jalan Tugu Raya, Cimanggis, Depok.

Kata Heru Cahyadi, pembina olimpiade SMPIT Nurul Fikri, Nurul Fikri ditunjuk menjadi panitia rayon wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Sebanyak 103 siswa dari berbagai sekolah negeri maupun swasta yang mengikuti seleksi tersebut. Seleksi ini untuk mewakili Indonesia. Gelaran bergengsi tersebut akan dilaksanakan pada 5-8 April 2019 di Thailand.

“Minimal dapat medali perunggu untuk mewakili Indonesia ke TIMO, sementara nanti kalau di final round dapat medali emas berhak mengikuti WIMO (World International Mathematic Olympiad) yang akan di gelar Desember 2019 di Jepang,” kata Heru.

Pengumuman hasil seleksi heatron akan dilaksanakan pada 11 November 2018. “Alhamdulillah selama dua pekan kami melakukan pembinaan kepada siswa. Semoga anak-anak Nurul Fikri meraih medali minimal perunggu,” tandas Heru.

riset-day-7-350x350

Research Day, Meneliti Anjungan di TMII

By | Berita Umum | No Comments

TMII – Dunia pendidikan selalu lekat dengan kegiatan riset atau penelitian. Dengan meneliti membuat siswa memiliki kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah. Untuk mencetak generasi seperti itu, SMP Islam Terpadu (SMPIT) Nurul Fikri menggelar research Day selama dua hari, 8-9 Oktober 2018.

Siswa kelas VIII ini diajak berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) untuk melakukan penelitian di bidang sosial, Selasa (9/10). Ada 136 siswa dibagi menjadi 46 kelompok, satu kelompok terdiri tiga siswa, jadi ada 46 judul penelitian.

“Hari pertama lokasinya di sekolah, mengerjakan bab 1 sampai 3. Pertama mereka diberi pembekalan tentang apa itu penelitian, bagaimana mengadakan riset, apa saja tahapan-tahapan yang harus dilakukan, dan bagaimana membuat instrumen penelitian,” terang Rizki Wahyudi, pembina penelitian SMPIT Nurul Fikri.

Lalu dilanjutkan hari kedua menuju ke TMII untuk melakukan pengambilan dan mengolah data penelitian ke anjungan-anjungan yang ada di TMII. “Bab 4 dan 5 dikerjakan di lokasi penelitian, mereka mengolah data, membuat display dan melakukan presentasi,” lanjut Rizki.

Menurut dia, Research Day dilaksanakan hanya sebagai pengantar untuk memberikan mereka pengalaman dalam meneliti. “Jadi kemarin cuma latihan setelah ini mereka akan membuat penelitian sesungguhnya dan akan dipresentasikan di Research Expo tahun depan,” tutupnya.

timo-2019

SMPIT Nurul Fikri Gelar Olimpiade Internal

By | Berita Umum | No Comments

DEPOK – Puluhan pelajar SMP Islam Terpadu (SMPIT) Nurul Fikri berkumpul di ruang E-Learning. Kehadiran pelajar ini untuk mengikuti seleksi pembinaan olimpiade internal yang dilakukan oleh pihak sekolah, Jumat (5/10).

Olimpiade internal ini bertujuan untuk mencari bibit unggul masa depan untuk dibina dan dipersiapkan mengikuti olimpiade tingkat kota, nasional maupun inetrnasional. “Kegiatan kemarin untuk seleksi pembinaan di sekolah,” ucap pembina olimpiade, Heru Cahyadi, Rabu (10/10).

Materi yang diolimpiadekan ialah Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) meliputi biologi dan fisika, Ilmu Pengetahuam Sosial (IPS) yang meliputi  sejarah, geografi, dan ekonomi, dan Matematika.

Sebanyak 70 siswa mengikuti olimpiade ini, Sembilan siswa mengikuti olimpiade IPS, 18 siswa mengikuti IPA, dan 43 lainnya mengikuti Matematika.

Salah satu peserta olimpiade, Ayu Fadya Khairunnisa, siswa kelas VIII, mengatakan olimpiade ini baginya susah. “Tapi worth it, akan kutunggu hasilnya, mudah – mudahan tahun depan lebih serius mengadakanya,” ucap Fadya.

Sambut Bulan Bahasa dengan Bazar Buku

By | Berita Umum | No Comments

DEPOK – Buku merupakan jendela dunia. Nah, bagi kalian pencinta buku, SMP Islam Terpadu (SMPIT) Nurul Fikri menggelar pameran buku mulai hari ini, Senin, 8-18 Oktober 2018 yang digelar sepanjang koridor dan lapangan olahraga sekolah.

Kegiatan ini memang untuk mendukung program literasi yang digaungkan oleh pemerintah. Terlebih lagi bazar buku ini ditujukan wajib bagi para siswa SMPIT Nurul Fikri untuk mengikuti kegiatan tersebut karena terkait dengan pelajaran Bahasa Indonesia.

Ada beberapa buku yang direkomendasikan oleh pihak sekolah untuk dimiliki para siswanya. Diantaranya buku Preman Tobat, Muhammad Al-Fatih Vol.1 Perang Varna, Muhammad Al-Fatih Vol.2 Kebangkitan, Muhammad Al-Fatih Vol.3 Penaklukan, Al Fatih vs Drakula #1, Al Fatih vs Drakula #2, Al Fatih vs Drakula #3, dan Khalid Bin Walid.

Penggalang SMPIT Nurul Fikri Gelar Pemilihan Pratama

By | Berita Umum, Prestasi SMPIT | No Comments

DEPOK – SMP Islam Terpadu (SMPIT) Nurul Fikri baru saja menggelar Pemilihan Pratama (Pemimpin Regu Utama) Putra dan Putri untuk Masa Bakti 2018-2019 pasukan penggalang pramuka, bertempat di lapangan rumput SMPIT Nurul Fikri, Jumat (5/10).

Pemilihan Pratama untuk Putra diraih oleh Muhamad Yataqi Wijayanto dengan jumlah voting sebanyak 5 poin. Sedangkan Pratama untuk Putri dimenangkan oleh Irene Rhegita dengan jumlah voting sebanyak 9 poin.

Namun kandidat yang maju sebanyak delapan orang dari tim putra dan sembilan orang dari tim putri. Mereka adalah Muhamad Rafha Shaqela, Muhamad Yataqi Wijayanto, Dimas Ahmad Azizi, Rafi Febbrian Fermasah, Ardell Rasendria Muhamad, Reza Fathan Muzaki, Muhamad Affan Mustaqim, dan Muhamad Farisa Bimawan.

Di tim putri kandidatnya adalah Nikita Aulia, Kaffah Athena, Annisa Aulia Maharani, Laura Fawzia sambowo, Cheerisa Zahwa Putri Johfimar, Irene Rhegita, Nayla Nadine, Najwa Aaliah Fahmi, dan Atia Zahiliah.

Ardel juara 1

Ardell Juara I Tartil Quran di Depok Scout Festival 2018

By | Berita Umum | No Comments

DEPOK – Peserta pramuka asal SMP Islam Terpadu (SMPIT) Nurul Fikri, Ardell Rasendriya Mohamad berhasil menjuarai Lomba Tartil Quran di ajang Depok Scout Festival 2018. Pada laga final yang berlangsung di Balaikota Depok, 28-29 September 2018.

Pembina pramuka SMPIT Nurul Fikri, Sultoni, S.Pd., menyatakan festival ini sebagai salah satu bentuk keaktifan Gudep Sekolah Islam Terpadu (SIT) Nurul Fikri dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Kwartir dan atau satuan komunitas pramuka Jaringan SIT.

“Alhamdulillah siswa kami meraih juara I lomba tartil Alquran, dan nanti tanggal 16-19 November akan mengikuti Kemah Nasional yang diselenggarakan oleh SAKO Pramuka SIT,” terang Sultoni.

Sultoni berharap pramuka SIT Nurul Fikri bisa lebih meningkatkan lagi kualitas latihan agar banyak mengirimkan anak didiknya ke berbagai lomba. “Jangan lupa, pramuka kita juga harus lebih peduli terhadap keadaan sosial dan lingkungannya,” tandas Sultoni.

Depok Scout Festival yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang Kota Depok untuk memperingati HUT Pramuka ke-57 di Kota Depok. Festival ini merupakan salah satu alat pendidikan dimana kreatifitas dan keterampilan anggota muda pramuka difasilitasi sehingga mengarah pada aktifitas yang positif. Dengan kegiatan ini dapat menambah wawasan dan pengalaman yang kelak akan bermanfaat bagi siswa dimasa mendatang.

Selain untuk unjuk bakat, kompetisi, minat dan menimba pengalaman, festival ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan persahabatan. Adapun bidang-bidang dilombakan seperti bidang keagamaan (Tartil Quran dan Azan), bidang kepramukaan (Pionering, Sandi, bongkar pasang tenda), dan bidang seni budaya (Tari Tradisional, congklak, bekel, ciple, rangking 1.

Pesertanya adalah pramuka Siaga dan Penggalang dari 11 Kwartir Ranting se-Kota Depok.
Dalam lomba tersebut SMPIT Nurul Fikri mendelegasikan dua siswanya untuk mengikuti Lomba bidang keagamaan.

pilketos smp

SMP Islam Terpadu Nurul Fikri Pilih Ketua OSIS 2018-2019

By | Berita Umum | No Comments

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK – Pemilihan Ketua OSIS kini tak cukup hanya dengan aklamasi. Apalagi jumlah calon yang tampil cukup banyak maka pemilihan Ketua OSIS harus dilakukan dengan cara coblos seperti Pemilihan Umum yang diterapkan di Indonesia. Hal inilah yang dilakukan oleh SMP Islam Terpadu (SMPIT) Nurul Fikri, Depok, Jawa Barat,  untuk mengenalkan arti demokrasi.

Ada lima kandidat yang tampil dalam pemilihan Ketua OSIS 2018-2019 tahun ini. Mereka  Ardell Rasendriya Mohammad,  Muhammad Yattaqi Widjoyanto, Fatiha Nur Annisa, Athiya Zahira Hilmi dan  Ghazlina Izzah.

Sebelum pencoblosan dimulai, kelima kandidat ini terlebih dulu tampil dalam debat kandidat, Jumat (28/9) pagi. Pencoblosan dibagi dua tahap, pertama untuk siswa putra dan tahap kedua untuk siswa putri.

Menurut Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan (Wakasis) SMPIT Nurul Fikri,  Junaedi, pemilihan ketua OSIS  itu bertujuan  untuk melatih para anak didiknya dalam berorganisasi. “Kita memang ada jenjang sebagai pengurus. Ada perintis di kelas 7, lalu ada pelopor di kelas 8 dan terakhir ada patriot. Nah, ini artinya memang sudah terbiasa berorganisasi,” lanjut Junaedi dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (28/9).

Ia menambahkan, pemilihan ketua OSIS tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya yang menggunakan sistem elektronik melalui e-voting. “Tahun ini, karena pemilihan ketua OSIS sangat dekat dengan UTS (Ujian Tengah Semester),  maka semua persiapan yang dilakukan sangat minim, jadi pemilihan dilakukan dengan cara manual,” jelas Junaedi.

Fatiha Nur Annisa yang biasa disapa Nisa berhasil memperoleh suara terbanyak. Ia meraih  147 suara, disusul Ardell (110 suara),  Yattaqi (64 suara), Izzah (54 suara)  dan Athiya (9 suara).

“Pemilihan ini diikuti sebanyak 436 siswa. Total suara yang diperoleh ialah 391 suara yang sah dan 45 yang abstain,” kata Junaedi.

Nisa mengungkapkan, hasil pemilihan ini membuatnya senang. “Senang, karena bisa terpilih menjadi ketua OSIS,” ungkapnya. Dalam visi dan misinya, Nisa mengatakan akan memperkenalkan keeksisan SMPIT Nurul Fikri ke khalayak umum melalui media sosial.

Ketua OSIS sebelumnya, Intan Keilani Difani Putri mengatakan,  dia memang memfavoritkan Nisa. “Menurut saya, Nisa memang bagus,” katanya.

Prosesi serah terima Jabatan atau sertijab akan dilaksanakan hari ini, Senin (1/10),  usai apel pagi.

img_8676-350x350

Pramuka Garuda Kota Depok dilantik

By | Berita Umum | No Comments

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK —  Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Depok baru saja melantik anggota garuda penggalang pramuka tahun kedua, Rabu (19/9). Bertempat di Aula Teratai Gedung Balaikota Depok, Jawa Barat,  93 Penggalang Garuda tersebut dilantik oleh Ketua Kwarcab gerakan Pramuka Depok, Nina Suzana. Pelantikan tersebut dihadiri oleh orang tua, pembina, Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka (Mabigus), dan Ketua Kwartir Cimanggis.

Menurut Pembina Penggalang SMPIT Nurul Fikri, Sultoni, Sekolah Islam Terpadu (SIT)  Nurul Fikri Depok telah berhasil menjadikan tujuh pramuka garuda siaga dan 18 pramuka garuda penggalang. Total adalah 25 pramuka garuda dari Nurul Fikri.

“Hal itu menjadikan  SIT Nurul Fikri sebagai  gugus depan yang berhasil meloloskan jumlah pramuka garuda terbanyak di kota Depok tahun 2018, yang kedua adalah dari SMPN 3 Depok berjumlah 21 siswa, dan ketiga SMPI Dian Didaktika berjumlah 14 siswa,” kata Sultoni dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (21/9).

Ia menambahkan, bagi SMPIT Nurul Fikri, ini adalah angkatan pertama. “Sehingga,  pelantikan pramuka garuda ini menjadi momen bersejarah bagi sekolah,” ungkap Sultoni.

Pramuka garuda, lanjut Sultoni, adalah teladan. Mereka harus menjadi teladan sesama pramuka lain.” Di sekolah menjadi teladan bagi siswa lainnya, di rumah menjadi teladan bagi teman-teman di lingkungannya dan sebagai warga menjadi teladan bagi masyarakat. Oleh karena itu,  seorang pramuka garuda harus berperan aktif di sekolah dan di lingkungan rumahnya,” paparnya.

Hal yang sama disampaikan  Nina Suzana dalam sambutannya. Ia  mengatakan, menjadi garuda pramuka bukanlah sesuatu hal yang mudah untuk didapat. Proses penilaian yang dilakukan minimal 10 tanda kecakapan khusus dan penilaian lainnya.

“Adik-adik sudah diambil janjinya, sudah berjanji pada Tuhan, negara, dan orang tua. Itu artinya ini bukan hanya sekedar ucapan oleh adik-adik, bukan hanya sekedar didengar oleh adik-adik, tapi harus dilaksanakan,” tegas Nina.

Sesuai dengan misi Pramuka Kota Depok yang kreatif, mandiri, dan karakter, Nina berharap garuda pramuka penggalang mempunyai kreativitas, karakter diri, karakter sosial, dan karakter bergaul. “Semoga kalian bisa menjadi anak-anak garuda, garuda Indonesia, karena adik-adik ini penerus bangsa, menjadi kader-kader bangsa yang tangguh,” ucap Nina.

Nina juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua yang sudah mengikuti dan membimbing anak-anak mereka  untuk menjadi seorang pramuka penggalang. “Sedikit sekali sekolah yang mengikuti garuda pramuka. Dari ratusan sekolah hanya sembilan sekolah yang ikut, karena sulit. Karena menjadi garuda pramuka bukan hanya menjadi teladan untuk diri sendiri tapi juga untuk lingkungan, keluarga, dan lain-lain. Karena beban yang berat, mereka harus memberikan contoh kepada teman-teman semua, terutama disiplin pakaian,” tambah Nina.

Hal yang sama disampaikan oleh Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Muda (Wakabina Muda) Gerakan Pramuka Kota Depok, Jozef Titawanno.  Menurutnya karena ini adalah tingkatan pramuka tertinggi, diharapkan keteladan mereka ditularkan ke teman-temannya.

“Kelebihan menjadi garuda pramuka mulai tahun kemarin adalah ada penambahan nilai untuk masuk ke SMA, nilainya agak tinggi, di garuda pramuka bisa 30-50 poin dari nilai ujian murni. Sementara agenda ke depannya di kwartir cabang ini saya akan mengadakan khusus gladi pramuka sendiri agar mutu mereka bertahan bahkan meningkat,” tandas Jozef.

Adapun ke sembilan sekolah yang mengikuti pelantikan tersebut ialah MTs Al Jihad, MTs Irsyadul Athfal, MTs Negeri Depok, SMPN 3 Depok, SMPN 7 Depok, SMP Segar, SMP Islam Dian Didaktika, SMP Islam Terpadu Al Haraki, dan SMP Islam Terpadu Nurul Fikri.