Asah Bahasa Inggris Dengan English Market Day | SMPIT Nurul Fikri
Headline News

Asah Bahasa Inggris Dengan English Market Day

English Market Day

TUGU – Salah satu program untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing para siswa, SMP Islam Terpadu (SMPIT) Nurul Fikri setiap semester menggelar acara English Market Day. Program keterampilan berbahasa ini bertujuan untuk mengasah bahasa Inggris para siswanya selain bahasa Arab.

Acara yang digelar Rabu (22/11/2017) dikhususkan pedagangnya ialah kelas VII dan VIII, sementara kelas IX sebagai pembeli. Selain itu,  guru, karyawan, dan orang tua siswa diundang untuk menjadi pembeli. Setiap transaksi wajib menggunakan bahasa Inggris seperti menawar harga dan lain-lain.

Mengambil tema “Donate to Learn, Learn to Donate”, English Market Day bekerja sama dengan Toko Mantan. Para penjual menawarkan dagangannya berupa barang baru dan bekas. Menggunakan mata uang EC atau English Corner, pembeli diberikan uang sebesar 150 EC dan satu EC senilai 1.000 rupiah.

Pembeli yang melakukan transaksi beli wajib menyumbangkan barang yang dibeli¬†di donasikan ke dropbox Toko Mantan dan pembeli berhak mengambil satu barang dari yang dia beli. “Barang yang sudah dibeli oleh pembeli ini akan disumbangkan dan dijual kembali untuk membantu anak-anak di daerah terpencil untuk melanjutkan pendidikan ke SMA,” tutur Tri Handoko, selaku ketua panitia.

Toko Mantan merupakan Charity Shop yang menjual dan menampung barang-barang bekas untuk pendanaan proyek pendidikan anak SMP di daerah terpencil. Melalui akun media sosial instagram @tokomantan_ mengajak masyarakat Indonesia untuk membeli produknya yang hasil penjualannya akan disumbangkan ke dunia pendidikan.

“Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran siswa dalam gerakan amal, memperkuat kebiasaan sekolah dalam menggunakan bahasa Inggris sebagai percakapan sehari-hari,” tutupnya.

Leave a Reply